Pandai Upgrade Diri Atau Hanya Menjadi Semanis Stroberi

Bumikan Literasi, Dua Orang Guru MTsN 5 Karawang Menjadi Pengurus Gerakan Literasi Nasional
Desember 6, 2022
Jelang Perlombaan, PMR MTsN 5 Karawang Gelar Latihan Gabungan Bersama SMK Negeri 1 Rawamerta
Desember 7, 2022
Oleh : Sri Silvia Nurma Latifah,
Guru MTsS Annihayah Rawamerta

Menjelma menjadi sosok yang sempurna tanpa cela, siapa yang tidak mengidamkannya. Apa lagi dikalangan kaum milenials saat ini, kesempurnaan fisik dipadukan dengan menariknya outfit yang melekat pada kulit semakin menambah level percaya diri seseorang. Bahkan munculnya ribuan aplikasi filter wajah diera digital seperti sekarang ini, semakin memudahkan merubah tampilan wajah yang biasa saja disulap menjadi wah, tentu ini kala berselancar didunia maya. Ini menjadi satu paket seperti seperangkat alat perang, siapa yang elok nan rupawan dialah yang banyak diidolakan. Maka tidaklah heran penampilan yang menarik menjadi hal mutlak yang wajib disuguhkan pada khalayak, seolah tiada hal penting kecuali itu.

Belakangan isu “ generasi stroberi “ muncul dan menjadi label pada kalangan generasi muda kita. Akan ada saja yang mengerutkan kening, siapa mereka ? tentu isu ini tak serta merta tanpa sengaja muncul kepermukaan begitu saja. Banyaknya generasi muda yang lebih memprioritaskan fisik dari pada kemampuan diri, menjadi faktor penyebab munculnya istilah ini. Memang jika kita perhatikan, buah stroberi yang merah terang menyala, segar, cantik dan menarik dipandang mata. Seperti menarik rasa ingin memetiknya dengan segera, walau tak peduli rasa yang nanti dihadirkan seperti apa. Buah stroberi yang selalu segar pun, nyatanya tak pernah bertahan lama diantara dinginnya suhu udara dan panasnya terik matahari, dengan gampangnya dia membusuk. Pointnya adalah stroberi menarik dipandang mata, tapi kadang tak bisa bertahan lama. Tak berbeda dengan menariknya penampilan seseorang, walau tak bisa bertahan lama dan entah apa kabar dengan kemampuan yang dimilikinya.

Sudah seharusnya memang merawat, menjaga serta mempercantik fisik juga penampilan diri, karena itu merupakan salah satu anugerah dari Yang Maha Kuasa. Tapi, tentu dengan tidak mengabaikan apa lagi melupakan hal yang tak kalah penting dari penampilan, yakni kemampuan. Penampilan menarik tentu akan membuat banyak orang tertarik. Juga kemampuan yang terus diasah, maka Insya Allah akan mendatangkan kebaikan bagi semua. Paling tidak membawa manfaat untuk diri sendiri. Upgrade diri dalam bidang yang kau cintai, terus belajar dan perkaya diri dengan banyak disiplin ilmu diluar sana. Seperti halnya seseorang yang rajin mengupdate penampilan agar selalu terlihat menarik. Seperti itu pula rajinnya seseorang  mengupgrade kemampuannya agar senantiasa menghadirkan manfa’at. Memang tidak mudah, namun teruslah berbenah. Atau selalu akan membiarkan dirimu hanya menjadi semanis stroberi.      

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hubungi Kami